Bos Nirmala Tak Nongol, Staf Admin : “Tak Perlu Menemui Bos, Cukup Saya”

Menyentuh kerinduan Perusahan ditengah kepungan penilaian publik, Rabu, 12 Oktober 2022, dua awak media, mendatangi kantor PT. Nirmala Cahaya Agung Ende guna wawancara soal kasus bio solar bersubsidi di enam hari lalu, empat orang anak buah Bos Nirmala Ende tertangkap tangan di gudang kompleks Kantor PT. Nirmala, Ende. Jalan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Setelah memasuki gerbang depan dan halaman kantor, dua awak media berjalan menuju pintu berkaca hitam. Kemudian diizinkan memasuki ruang ber-ac, seperti biasa kami ditanyakan oleh dua karyawan, Ibu yanti dan teman semejanya yang berada dalam ruangan kantor miliknya.

Ketika ditanya, saling sahut pun terjadi, “dari mana ya pak, kami dari media bu. Oh begitu silahkan duduk Pak. Kata Ibu Yanti B. selaku Admin PT. Nirmala Ende, setelah kami ikuti dan baca berita yang ditulis media, jujur Pak kami pingin sekali bertemu wartawan”, katanya

Dalam percakapan itu, kami menerangkan perihal kedatangan kami (awak media) guna wawancarai bos atau direktur dan Komisaris PT. Nirmala Cahaya Agung. Tapi, gagal ditemui awak media.

Mesipun demikian bos PT. Nirmala Cahaya Agung tidak nongol di kantor, tapi wawancara tetap berlanjut bersama Staf Admin sebagai perpanjang tangan Bos Nirmala.

Karena, menurut alasan Admin, bernama Yanti Bogo, bahwa kalau menyangkut masalah solar kemarin langsung dengan saya saja Pak. Karena memang selama ini, saya dipercayai untuk mewakili bos, sahutnya

Dalam wawancara, Staf Admin PT. Nirmala Cahaya Agung Ende, Ibu Yanti Bogo, mengurai kronologi peristiwa terjadinya tangkap tangan ke 4 tersangka, pada 7 oktober 2022 di Gudang belakang PT. Nirmala Ende.

Ia menceritakan per tanggal 7 oktober, kemarin itu, bahwa kami tidak mengetahui kejadian itu, karena memang kami tidak tahu kelakuan sopir dan knek itu seperti apa. Dimana setelah terjadi penangkapan kemarin, 4 empat tersangka bersama kami dibawah semua ke kantor Polisi untuk dimintai keterangan.

Namun, dia meluruskan bahwa dari ke empat orang, yang ditetapkan sebagai tersangka adalah 2 (dua) karyawan PT. Nirmala Ende dan 2 (dua) orang tersangka lainnya bukan merupakan karyawan disini.

“Setelah penangkapan disini. Ke 4 orang tersangka itu dan saya sebagai staf admin dipanggil semua ke kantor polisi untuk memberikan keterangan atas kejadian tersebut”, ujar staf admin, Ibu Yanti

Bergerak Dibidang Transportir

Selama menjalankan pemeriksaan di kantor polisi, kepada penyidik, Yanti menjelaskan bahwa kapasitas kami sebagai transportir PT. Nirmala Cahaya Agung itu bergerak di bidang jasa angkut untuk transportir.

“Jadi hanya bidang jasa angkut dan tidak ada yang lain – lain. Karena bidang ini, memiliki ketentuan baik dari Pemda Ende mengenai izin usaha dan lainnya. Lalu, bukan hanya itu saja, karena kita mengangkut produk BBM, jadi otomatis harus memenuhi SOP Pertamina karena harus dibekali surat ketereragan transportir darat”, ujar Yanti

Menurutnya, dalam surat keterangan transportir darat dijelaskan bahwa dakam surat itu terdapat ketentuan mengenai layak dan tidaknya pengakutan. Karena ketentuan tersebut menjelaskan soal layak untuk diangkut dan tidak layak untuk diangkut.

“Soal layak dan tidaknya diangkut. Yang diperbolehkan mobil mana dan yang diperuntuhkan kemana, itu yang kami jelaskan kepada polisi. Bahwa dalam surat keterangan itu menjelaskan bahwa, kapasitas hanya sebatas peruntuhan. Dimana, Kita boleh mengangkut bahan bakar minyak BBM yang berlogokan Pertamina”, bilang Yanti

Karena, yang bukan berlogokan Pertamina tidak boleh diangkut. Jika diangkut maka, pihak PT. Nirmala Cahaya Agung Ende yang bergerak dibidang jasa transportir dinyatakan salah, sebab telah mengangkut BBM yang tidak dilogokan Pertamina.

“Tapi sekarang yang kita angkut yang sudah berkogokan BBM Pertamina yang ambilnya dari Depot. Terlepas bahwa didalam BBM berisi Subsidi atau Nonsubsidi itu bukan wewenang kami. Yang penting kami punya standar dan diperbolehkan pertamina, kami bisa angkut”, papar Admin

PT. Nirmala Cahaya Agung Ende, sambung Ibu Yanti bahwa mempunyai 2 (dua) jenis mobil, diantaranya, 1 (satu) mobil berwana merah putih. Sedang, 1 (satu) mobil lagi berwarna Biru Putih. Karena kewenangan dari pihak PT Nirmala Ende berada pada keperuntuhkan.

Kami Sudah Ikut Standar

Menurutnya, bilamana keperuntukan BBM jenis solar untuk SPBU, maka otomatis mobil yang digunakan adalah Merah Putih. Bilamana keperuntukan untuk pengusaha industri maka itu secara otomatis mobil yang harus kami gunakan adalah Biru Putih.

“Jadi ada kapasitasnya. Misalnya kami dikontak atau dihubungi guna mengangkut untuk SPBU, maka kami harus menggunakan mobil merah putih. Bila kami dikontak untuk angkut kepada pengusaha industri, kami gunakan mobil Biru Putih”, terang Yanti B.

Namun, terkecuali apabila ada mobil merah putih rusak atau kekurangan mobil maka dari pihaknya meminjam mobil biru putih melayani untuk memenuhi stok di SPBU dengan dilampirkan berita acara dari Pertamina Ende.

“Tapi itu tidak setiap hari. Tapi hanya bilamana ada kekurangan mobil. Sejauh ini kami masih mengikuti standar pertamina. Jadi entah itu salah atau benar. Kami sudah ikut standar kami”, ucap Yanti

Keterangan Foto : Staf Admin PT. Nirmala Cahaya Agung Ende, Yanti Bogo Saat Ditemui Wartawan Diruang Kerjanya. Rabu, 12 Oktober 2022

Sementara, Ibu Yanti menegaskan bahwa dalam BAP, bahwa sudah dijelaskan sopir, dimana perbuatan itu adalah murni perbuatan sopir dan tidak merambat sampai ke Bos Nirmala, karena memang bahwa, kami sebagai staf tidak mengetahui peristiwa tersebut.

“Jadi itu murni tindakan sopir dan tidak rambat sampai ke kami. Karena memang kami tidak tau. Kejadian tersebut itu dari tahun 2022, telepas itu salah. Tapi selama ini tidak ada komplin daei Vendor. Artinya selain kapal atau ke kontraktor lainnya yang menggunakan jasa pengakutan kami itu, tidak pernah Pak bahwa minyak-nya kurang”, Tuturnya

Soal Rute Pendropingan

Terlepas dari kejadian kemarin, mengenai dengan rute pendropingan, Yanti mengatakan terkadang jadwal kapal tidak tetap. Maka itu pihaknya harus menunggu konfirmasi terlebih dahulu dari pihak Kapal.

Selain itu biasanya, pengakutan dari Depo Pertamina Ende terdapat pembatasan jam/waktu, maka Pertamina kadang mengkonfirmasi pihak PT. Nirmala Ende untuk lebih dahulu mengangkut BBM.

Karena, dikatakannya bahwa pengakutan dilakukan hanya untuk menyelamatkan posisi BBM. Karena ketentuan waktu yang diterapkan Depo Pertamina standarnya demikian. Kita hanya bisa mengikuti.

“Ketimbang malam harus di angkut sedangkan sudah lewat batas waktu yang ditentukan. Ya ketika pertamina hubungi untuk angku, kami angkut. Terlepas dari kejadian kemarin, mereka sering kesini atau apapun, itu kembali lagi. Meski kita sering teliti atau apapun, namanya oknum mereka mau berbuat apapun, kita tidak tau”, kata Yanti

Sementara mengenai peristiwa tangkap tangan kemarin, Yanti mengaku kejadian tersebut diluar dari pengawasan mereka. Karena selama pengangkutan, pihak Nirmala tidak pernah mendapatkan komplain dari vendor.

Bantah Soal Pengawasan

Terlepas dari itu, menyangkut pengawasan dari pemerintah atau Depot Pertamina, menurut Yanti kembali pada pemilik minyak itu sendiri. Artinya yang mempunyai minyak adalah pengusaha industri dan bukan subsidi masyarakat. Karena dari Depot Pertamina Ende memang tidak lagi bertanggung jawab, karena posisi minyak sudah diangkut.

Setelah minyak diangkut mobil tangki dan dikeluarkan dari Depot Pertamina Ende, berarti pengawasan sudah menjadi tanggung jawab vendor yang mempunyai minyak. Karena untuk pengawasan sudah menjadi kebijakan vendor dan itu bukan kewenangan pihak Nirmala.

“Soal pengawasan, setekah minyak diangkut keluar dari Depot Pertamina itu sudah menjadi kewenangsn vendor dan kami hanya sebatas mengangkut untuk dibawakan kepada vendor sebagai pemilik minyak”, ucap Yanti

Sementara mengenai dugaan publik tentang adanya keterlibatan Bos PT. Nirmala Cahaya Agung Ende, Yanti menegaskan, kami pegawai sebagai staf admin saja tidak tau apalagi Bos PT Nirmala.

“Kami sebagai staf admin saja tidak tau, apalagi bos. Kalau misalkan tindakan sopir kemarin adalah perintah Bos, pasti harus melalui kami sebagai staf admin yang merupakan perpanjang tangan dari Bos.

Karena apapun bentuk perintah dari bos pasri turunnya ke kami sebagai perpanjang tangan Bos. Setelah itu, dari kami baru, dan kami ke sopir. Artinya bahwa tindakan perbuatan para sopir kemarin, kami tidak tahu.

“Kalau misalkan dari kami pun tidak mengakui bahwa tindakan sopir kami tidak tau, apalagi bos pasti tidak tau. Lucu toh pak. Itu sudah diakui sopir bahwa mereka bekerja tanpa sepengetahuan kami, artinya itu murni fix perbuatan mereka sendiri dan mereka sudah akui”, kata Yanti

Murni Tindakan Pelaku

Terus terang, Yanti megakui bahwa, kejadian kemarin di gudang belakang Kantor PT. Nirmala, diluar kontroling dan pengawasan kami. Karena memang betul tindakan mereka kemarin murni adalah perbuatan mereka.

Soal 600 liter yang diambil 4 pelaku, Yanti mengutarakan bahwa pihaknya juga tidak mencuragi karena mereka tidak diketahui mengetahui kejadian di gudang kemarin.

“Ya itu pak, kejadian kemarin memang kami tidak tau dan kami baru tahu, ketika setekah terjadi tangkap tangan oleh para polisi di gudang belakang, kemarin itu, baru kami tahu. Jadi kami tidak tau pak”, kata Yanti B.

Selain itu, menyangkut 600 liter yang diambil pelaku untuk dijual kemana, pihak admin pun mengatakan bahwa tidak mengetahui mereka jual kemana. Pastinya untuk dari kita, itu tidak ada.

“Meskipun pengakuan pelaku bahwa mereka telah lakukan dari tahun 2020 hingga 2022, kami sungguh tidak tahu dan diluar pemgawasan kami. Jadi soal ada konspirasi kami tidak tahu”, jawab Admin Yanti

Mengenai barang bukti sejumlah drum dan jerigen yang disita polisi dibelakang gudang Kantor PT Nirmala Cahaya Agung Ende, yanti mengatakan, semuanya merupakan akal – akalan mereka para pelaku. Jadi kami semua sebetulnya tertipu oleh para pelaku.

“Semua jerigen dan drum itu adalah barang bekas ganti oli mobil dan semua drum dan barang bekas itu dalam posisi kotor, mereka akali semuanya. Jadi kita semua disini ditipu oleh mereka”, tukas Yanti

slot ||
slot88 ||
Server Thailand ||
Slot Gacor Maxwin ||
Slot gacor ||
slot online||
Slots ||
SBOBET||
game slot
daftar slot ||
slot game||
poker online
slot thailand||
game slot online||
situs slot||
slot gacor online||
situs slot terbaru||
slot terbaru||
idn slot||
slot gratis||
https://voiceofserbia.org||
https://tibetwrites.org/||